Cara Meditasi Pernapasan atau Olah Pernapasan Dalam Prana

cara meditasiEmosi mempengaruhi cakra solar plexus yang selanjutnya mempengaruhi diafragma, dengan demikian mempengaruhi juga irama pernapasan. Bila seseorang marah, gerakan cakra solar plexus menjadi tidak teratur dan muncul sebagai irama pernapasan yang tidak teratur. Dengan mengatur irama pernapasan atau dengan melakukan pernapasan perut yang dalam dan lambat, gerakan cakra solar plexus diatur dan diselaraskan, dengan demikian dapat menghasilkan ketenangan, kedamaian, dan ketentraman. Nah semua tersebut biasa disebut sebagai salah satu Cara Meditasi Pernapasan atau teknik pernapasan prana.

Dengan melakukan pernapasan secara lambat dan paling sedikit dua belas kali, cakra solar plexus dapat dinormalisasi kembali, nah dengan demikian hal tersebut dapat menenangkan orang yang marah. Pernapasan perut secara lambat dan dalam dapat dilanjutkan sampai orang tersebut tenang kembali.

Untuk itu bagi Pasien psikotik haruslah berlatih cara meditasi pernapasan atau pernapasan perut secara lambat dan dalam, sebanyak tiga kali sehari selama minimal 15 menit per sesi meditasi, yang berguna untuk memperbesar pengendalian emosi. Nah bila hal tersebut dilakukan setiap hari selama beberapa bulan, pasien akan menunjukkan kemajuan yang signifikan.

Oleh karenanya pasien yang menderita ketidakseimbangan psikologis haruslah berlatih Cara meditasi pernapasan, agar mereka dapa mengendalikan emosi dan pikiran. Pada dasarnya ada dua jenis pernapasan, yaitu pernapasan alami dan pernapasan non-alami. Nah jika Anda mengamati cara bayi bernapas, mereka akan membesarkan perut ketika menarik napas dan mengecilkan perut ketika menghembuskan napas. Di sekolah anak anak seringkali diajari pernapasan non-alami (tidak benar) yaitu pernapasan dada. Perut mengecil dan dada membesar ketika menarik napas dan perut membesar ketika menghembuskan nafas. Pernapasan dada bersifat non alami dan tidak benar yaitu karena alasan alasan berikut:

  1. Pernapasan dada yang dalam bila dilakukan selama kurang lebih sepuluh menit, bisa menyebabkan terlalu banyak energi prana berkumpul di sekitar cakra jantung depan yang mengakibatkan kongesti prana jantung. Para praktisi akan merasa pusing dan tidak nyaman di daerah dada, jika itu terjadi pada pasien yang sakit jantung, maka akan mengalami rasa sakit di dada dan memperburuk kondisi pasien tersebut. Bila pernapasa perut dilakukan dengan benar, efek samping yang serupa tidak akan dialami. Beberapa praktisi bahkan berlatih selama lebih dari satu jam per sesi meditasi, dan hasilnya mereka merasa lebih kuat, lebih bertenaga, dan lebih sehat setelah berlatih seperti itu.
  2. Pada pernapasan dada jumlah udara yang mengalir ke dalam paru paru bila perut berkontraksi selama menarik napas, karena diafragma terdorong ke atas, dengan demikian akan mengurangi ruang dalam paru paru. Sementara pada pernapasan perut lebih banyak udara mengalir ke dalam paru paru bila perut diperbesar selama menarik napas karena diafragma terdorong ke bawah, dengan demikian akan menambah ruang dalam paru paru.
  3. Sebagaimana diterangkan sebelumnya, bayi dan anak melakukan pernapasan perut secara naluri tanpa diajar. Pola pernapasan ini berubah setelah mereka diajari cara pernapasan yang salah.

Berikut adalah Prosedur Cara Meditasi Pernapasan

  • Jangan memaksakan diri bila melakukan latihan meditasi pernapasan. Anda harus bersikap santai. Kalau tidak, Anda tidak akan mampu melakukan latihan pernapasan ini dengan benar.
  • Tarik napas perlahan lahan dan secara bertahap, dan biarkan perut Anda mengembang. Penarikan napas dilakukan dengan perlahan, dalam dan santai. Jangan menarik napas secara berlebihan atau terlalu mengembangkan perut Anda. Kalau tidak, pernapasan Anda akan menjadi tidak teratur, sehingga akan menggagalkan tujuan teknik meditasi pernapasan ini, yaitu untuk menjadi lebih santai, relaks, dan tenang.
  • Tahan napas selama satu atau dua detik sebelum menghembuskan napas. Ingat jangan memaksakan diri, tetaplah bersikap santai dan relaks.
  • Hembuskan napas Anda secara perlahan dan bertahap mengecilkan perut Anda. Pengeluaran napas dilakukan secara perlahan, dalam dan santai. Jangan menghembuskan napas secara berlebihan atau terlalu mengecilkan perut Anda. Kalau tidak, pernapasan Anda akan menjadi tidak teratur.
  • Tahan napas selama satu atau dua detik sebelum menarik napas, dan tetaplah bersikap santai.
  • Ulai seluruh proses cara meditasi pernapasan selama kurang lebih lima menit, dan secara bertahap naik menjadi dua puluh menit atau selama Anda suka. Bila melakukan pernapasan prana, jangan bernapas terlalu lambat sehingga memberatkan atau menjadi beban. Bila pernapasan Anda menjadi sangat lambat, laju pikiran yang kacau secara bertahap akan berkurang. Dan Anda akan merasa jauh lebih tenang, damai, dan ketentraman yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya. Lambatnya pernapasan harus terjadi secara bertahap tanpa terlalu merasa tegang.
  • Lakukan latihan fisik selama kurang lebih lima menit untuk melepaskan energi prana yang berlebih dan untuk mencegah kongesti prana.
  • Dalam Berlatih pernapasan prana setiap hari, biasanya diperlukan tiga samapai empat sesi sebelum seseorang benar benar bisa melakukan pernapasan prana dengan tepat. Nah Anda tidak perlu merasa gagal jika menghadapi sedikit kesulitan pada tahap awal. Untuk itu lakukanlah cara meditasi pernapasan atau pernapasan prana ini ketika Anda merasa tegang atau marah. Karena selain hal itu bisa membuat Anda kembali tenang, itu juga bisa Anda gunakan sebagai bentuk latihan untuk dapat mengatur dan mengontrol emosi dan pikiran Anda.

kundalini

Itulah beberapa prosedur cara meditasi pernapasan yang bisa Anda jadikan sebagai bahan acuan dalam berlatih. Jika Anda merasa sakit di dada atau merasa tidak nyaman dan pusing, maka hentikan sejenak latihan Anda. Hal tersebut terjadi karena Anda belum melakukannya dengan benar, untuk itu bacalah kembali petunjuk yang sudah diberikan di atas dengan lebih teliti dan menyeluruh. Jika pernapasan menjadi tidak teratur, hentikan dan beristirahat sejenak sebelum melanjutkan berlatih lagi.

 

Selamat Berlatih & Semoga Bermanfaat

 

" >

Get Free Email Updates!

Signup now and receive an email once I publish new content.

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.